Sukses, Pemkot Jakbar dan LKB Gelar Hajatan Anak Yatim di Meruya Utara

- Jurnalis

Minggu, 25 September 2022

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

JAKARTA – Pemkot Jakarta Barat berkolaborasi dengan Lembaga Kebudayaan Betawi (LKB), menggelar acara bertajuk “Hajatan Anak Yatim” di wilayah Meruya Utara, Kembangan, Jakarta Barat pada Sabtu (24-09-2022).

Kegiatan ini merupakan lanjutan dari acara sebelumnya yakni sunatan massal yang telah dilaksanakan sehari sebelumnya di kantor Walikota Jakarta Barat. Kegiatan ini dalam rangka memperingati hari lebaran anak yatim yang jatuh pada tanggal 10 Muharam 1444 H.

Kesenian lenong Betawi turut memeriahkan acara tersebut, dengan menampilkan para pemainnya antara lain, Opi Kumis, Haji Bolot, Azis Gagap, Madun Oseng, Mpo Tonah, Udin Nganga, Sabar Bokir dan Burhan.

Acara yang digelar tepatnya di Jalan Penyelesaian Tomang IV, Pasar Rawa Jabon, Meruya Utara, Jakarta Barat, sangat antusias ditonton kurang lebih hampir ribuan masyarakat yang ada di Jakarta Barat.

Turut mengundang Gubernur DKI Jakarta, Anies Rasyid Baswedan, serta dihadiri oleh Walikota Jakarta Barat Yani Wahyu Purwoko, Para Camat, Lurah, asisten pemerintahan dan instansi di lingkungan Jakarta Barat, tak ketinggalan ketua umum Lembaga Kebudayaan Betawi (LKB) yang juga ketua umum PMI Jakarta Barat, H Beky Mardani.

“Hari ini kita merayakan hajatan anak yatim yang merupakan kolaborasi antar seluruh pihak elemen yang ada di Jakarta Barat, acara ini dimotori oleh Lembaga Kebudayaan Betawi (LKB), disamping untuk menghibur masyarakat yang mana masyarakat hampir kurang lebih dua tahun dibatasi segala aktivitasnya oleh adanya pandemi covid,” ujar Yani kepada para awak media.

Baca Juga :  Nyalon DPR RI, Sekjen Pemuda Pancasila Sambangi Tokoh Lebak

“Dan pada hari ini sebanyak 33 anak yatim dari 8 Kecamatan kita lakukan sunatan secara massal, seharusnya bisa lebih, karena ini momennya sudah masuk sekolah, maka hanya ada 33 anak saja, selain sunatan massal kita juga memberikan santunan berupa bingkisan kepada 100 anak yatim yang lainnya ,” sambung Yani.

Sama halnya dengan hajatan tradisi Betawi pada umumnya, yakni acara resepsi dihadiri para tamu undangan dan mereka yang datang memberikan amplop berisi uang kepada pengantin Sunat.

Yang menjadi beda disini yaitu jumlah tamu undangannya sangat banyak, berasal dari semua lapisan masyarakat sekitar Jakarta Barat.

“Konsep pada hajatan anak yatim ini menurut saya baru ya di DKI, masyarakat kita minta dateng secara sukarela ke kondangan anak yatim piatu yang memang mereka ini terpilih dari delapan kecamatan yang betul-betul kurang mampu” terang H Umar Abdul Aziz, salah satu tokoh Pemuda di Jakarta Barat yang juga menjadi dewan pembina di Serikat Media Cyber Indonesia ( SMSI) Jakarta Barat.

Baca Juga :  Pengamanan Nataru , Polda Metro Jaya Terjunkan 8.000 Personel Gabungan

Dalam hal ini, Serikat Media Cyber Indonesia (SMSI) Jakarta Barat, tentunya sangat mensuport sekali kegiatan seperti ini, terutama dalam hal publikasi di seluruh media anggota SMSI.

Tampak beberapa pengurus dari SMSI wilayah Jakarta Barat juga menghadiri acara ini, diantaranya, ada Dewan Pembina SMSI Kodya Jakbar H Umar Abdul Aziz,
Ketua SMSI Jakbar Bong Pin Sang (Asen),
Sekretaris Muhidin Wali,
Bendahara M. Husen,
Humas Samaludin dan Roby SH, selaku divisi hukum.
Kesemuanya berharap agar kolaborasi seperti ini harus tetap terjalin dan terus dijaga.

Sementara itu, H Beky Mardani selaku ketua umum Lembaga Kebudayaan Betawi (LKB) yang juga ketua umum PMI Jakbar berharap, soliditas, sinergi dan kolaborasi dari berbagai elemen masyarakat terus terjalin dan tetap terjaga.

“Seperti acara pada hari ini, kan kalau kita lihat ada unsur pemerintahnya, unsur masyarakat dan juga organisasi-organisasi lain yang ikut mendukung dan mensukseskan. Kuncinya adalah sinergi juga kolaborasi, nah ini yang harus terus kita bangun dan kita jaga di berbagai bidang, bukan hanya pada kegiatan sosial saja, tapi juga pada kegiatan-kegiatan lainnya,” tutup H Beky Mardani. (*)

Berita Terkait

Mahasiswa KKN-T IPB di Nglungger Ubah Limbah Kotoran Hewan dan Rumah Tangga Jadi Pupuk Organik Cair
Dialog Publik Pokja Wartawan Humas Kota Bekasi Bahas Peran Media dalam Pilkada 2024
Irjen Tekankan Satker di Provinsi Jawa Barat untuk Bangun Zona Integritas, Wujudkan Visi Kementerian ATR/BPN Berkelas Dunia
Bantu Keluarga yang Meninggal, RW 001 Peduli Serahkan Beras
Akselerasi Pendaftaran 3,2 Juta Hektare Tanah Ulayat, Menteri AHY: Pemerintah Hadir Menjamin dan Melindungi Hak Atas Tanah Masyarakat Hukum Adat
Kapus dr Arnya Andriani: Sosialisasi dan Pelatihan Pemberian Makanan Tambahan Berbasis Pangan Lokal di Kecamatan Bantar Gebang
Tim Pengacara Andreas Sapta Finady Konferensi Pers Bersama Anak Pasangan Almarhum Opa dan Oma Tomasoa
Kementerian ATR/BPN Terima Aset BMN Hasil Rampasan KPK Senilai Rp4,7 Miliar

Berita Terkait

Jumat, 26 Juli 2024 - 22:15 WIB

Mahasiswa KKN-T IPB di Nglungger Ubah Limbah Kotoran Hewan dan Rumah Tangga Jadi Pupuk Organik Cair

Jumat, 26 Juli 2024 - 19:38 WIB

Dialog Publik Pokja Wartawan Humas Kota Bekasi Bahas Peran Media dalam Pilkada 2024

Kamis, 25 Juli 2024 - 08:08 WIB

Irjen Tekankan Satker di Provinsi Jawa Barat untuk Bangun Zona Integritas, Wujudkan Visi Kementerian ATR/BPN Berkelas Dunia

Rabu, 24 Juli 2024 - 22:48 WIB

Bantu Keluarga yang Meninggal, RW 001 Peduli Serahkan Beras

Rabu, 24 Juli 2024 - 06:10 WIB

Akselerasi Pendaftaran 3,2 Juta Hektare Tanah Ulayat, Menteri AHY: Pemerintah Hadir Menjamin dan Melindungi Hak Atas Tanah Masyarakat Hukum Adat

Berita Terbaru