oleh

Gelar Gebyar UMKM Minsel, Wabup Rembang: UMKM Mendongkrak Perubahan Perekonomian

MINSEL, TelusurNews,- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Selatan lewat Dinas Koperasi dan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel) menggelar Gebyar UMKM Minsel 2022, Kamis (15/12).

Berlangsung di Gedung Pusat Layanan Usaha Terpadu (PLUT) Kelurahan Pondang, Kecamatan Amurang Timur, Gebyar UMKM Minsel menghadirkan lebih dari 50 usahawan/wati UMKM yang ada di Kabupaten Minahasa Selatan.

Pertama kali digelar di kabupaten ini, Gebyar UMKM Minsel akan digelar selama 3 hari, mulai dari 15 Desember sampai dengan 17 Desember 2022.

Kegiatan ini dirangkai dengan Ibadah Menyambut Hari Natal 25 Desember 2022 Dinas Koperasi dan UKM Minsel bersama para pelaku UMKM, dihadiri oleh Wakil Bupati (Wabup) Pdt. Petra Yani Rembang, M.Th (PYR).

Dibuka pada hari pertama, terpantau banyak pengunjung dari berbagai kalangan yang datang berbelanja di lokasi Gebyar UMKM Minsel.

Wabup Minsel Petra Rembang kepada wartawan mengatakan, lewat kegiatan ini Pemerintah Kabupaten berharap perekonomian Kabupaten Minahasa Selatan terus bertumbuh.

Wabup Petra Rembang saat wawancara media

“Harapannya UMKM di Minahasa Selatan terus berkembang sehingga perekonomian di Kabupaten Minahasa Selatan ini akan tumbuh. Karena salah satu hal yang mendongkrak perubahan perekonomian adalah UMKM. Oleh sebab itu kami pemerintah berupaya mungkin untuk membuat event-event seperti ini agar supaya masyarakat juga banyak tau bahwa sebenarnya kita memiliki kekayaan yang luar biasa yang tidak kalah dari luar, tapi banyak produk-produk kita yang belum dikenal, oleh sebab itu event seperti ini adalah satu momentum yang tepat dilaksanakan untuk memperkenalkan berbagai produk yang ada di Minahasa Selatan ini. Sehingga makin dikenal dan makin banyak warga Minsel yang mencintai produk dalam negeri sendiri,” ungkap Wabup Rembang.

Untuk produk UMKM Minsel sendiri, untuk diketahui sudah ada beberapa produk yang dikenal luas bahkan hingga mancanegara. Untuk itu, Pemkab Minsel akan mendorong para pelaku UMKM untuk mengembangkan hasil produk yang ada di Minahasa Selatan.

“Kalau satu sudah dikenal akan terus ditambahkan lagi, jadi akan didorong agar supaya produk kita bukan hanya satu dua produk yang dikenal di luar negeri saja tapi akan lebih banyak lagi, caranya juga adalah event seperti ini antara lain, dan juga ini kreativitas dari Dinas Koperasi dan UKM untuk memberikan semangat, memberikan motivasi, dan juga akan kerjasama dengan Dinas Tenaga Kerja dalam rangka mempersiapkan SDM, juga Perindag juga, berkaitan dengan bantuan-bantuan bagi pelaku-pelaku harus alat yang bisa memberikan dorongan, katakanlah bantuan supaya mempercepat kerja dan juga hasilnya lebih baik lagi,” ujar Wabup.

Tidak hanya kali ini, Wabup Petra Rembang mengatakan bahwa kegiatan serupa kedepan akan dilaksanakan rutin di Minahasa Selatan.

“Kedepan event seperti ini akan kita buat setiap tiga hari dalam satu minggu, pusat oleh-oleh di sini, hari Kamis, Jumat, Sabtu buka. Jadi semua UMKM yang memproduksi semua oleh-oleh khas Minahasa Selatan bawa di sini, dijual di sini. Dan bilang kepada masyarakat semua bahwa di sinilah pusat kuliner atau oleh-oleh yang ada di Minahasa Selatan. Itu tekad kami supaya makin banyak orang tau, dan makin banyak warga masyarakat yang produk pelaku-pelaku usaha ini bisa menjual hasil produk mereka,” pungkas Wabup, didampingi Kadis Koperasi dan UKM Minsel Meidy Maindoka, Kadis Kominfo Minsel Max Weken, Asisten II Setdakab Minsel Frangky Tangkere, Kadis Nakertrans Minsel Sonny Maleke, dan Camat Amurang Timur Veky Sagay. (tl)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed