oleh

Gelaran Tradisi Penyambutan dan Pelepasan Pejabat Pangdam XIII/Merdeka

MANADO, – Pendam XIII/Merdeka, usai melaksanakan upacara serah terima jabatan di Markas Besar TNI Angkatan Darat, kini Mayjen TNI Wanti W. F. Mamahit, M.Si dan Mayjen TNI Santos G. Matondang, M.M., M.Tr (Han) mendatangi Makodam XIII/Merdeka guna melaksanakan tradisi penyambutan sekaligus pelepasan pejabat Pangdam XIII/Merdeka, Jumat (2/7/2021).

Kapendam XIII/Merdeka Kolonel Kav M. Jaelani dalam keterangannya mengatakan bahwa setiap pejabat baru Pangdam XIII/Merdeka harus mengikuti upacara tradisi penerimaan pejabat Pangdam XIII/Merdeka, guna menumbuhkan semangat jaya sakti serta menandakan bahwa ia sudah termasuk di dalam keluarga besar Kodam XIII/Merdeka, selain itu setiap pejabat lama juga harus melakukan tradisi pelepasan yang bertujuan untuk menghormati kepemimpinan pejabat Pangdam XIII/Merdeka yang lama.

“Kegiatan penyambutan Pangdam XIII/Merdeka merupakan tradisi wajib yang ada di Kodam XIII/Merdeka guna menanamkan semangat Jaya Sakti kepada pejabat Pangdam XIII/Merdeka yang baru.” Ujar Kapendam.

“Sedangkan upacara pelepasan merupakan tradisi yang selalu dilakukan oleh pejabat Pangdam XIII/Merdeka yang lama atau baru tergantikan, gunanya untuk menghormati kepemimpinan yang telah dilakukan selama menjabat sebagai Pangdam XIII/Merdeka.” Lanjut Kapendam.

Kapendam juga menuturkan bahwa di dalam tradisi penyambutan dan pelepasan pejabat Pangdam XIII/Merdeka, terdapat satu prosesi yaitu penciuman Pataka Jaya Sakti oleh pejabat Pangdam XIII/Merdeka yang baru dan lama, tujuan penciuman pataka tersebut yaitu untuk menanamkan kebanggaan, kecintaan dan loyalitas kepada satuan selain itu kedua pejabat tersebut sudah merupakan keluarga besar Kodam XIII/Merdeka Jaya Sakti.

“Adapun tradisi penciuman Pataka Jaya Sakti dilakukan karena pejabat Baru dan Lama Pangdam XIII/Merdeka sudah merupakan keluarga besar Jaya Sakti.” Tutur Kapendam.

Kegiatan ini dihadiri juga oleh Kasdam XIII/Merdeka Brigjen TNI Wirana P. Budi, S.E., Irdam XIII/Merdeka Brigjen TNI Junior Tumilaar, Danrem 131/Stg Brigjen TNI Prince Meyer Putong, Danrem 132/Tdl Brigjen TNI Farid Makruf, Danrem 133/Nwb Brigjen TNI Bagus Antonov serta Para Asisten dan Kabalak Kodam XIII/Merdeka.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed