oleh

Bamsoet Terima Plakat Penghargaan dan Tumpengan HUT Brimob

JAKARTA, Telusur News – Ketua MPR RI yang juga warga kehormatan utama Korps Brigade Mobil Polri (Brimob Polri) Bambang Soesatyo menerima sekaligus memotong tumpeng serta mendapatkan plakat penghargaan dalam perayaan HUT ke-76 Korps Brimob Polri. Di usianya yang ke-76 tahun, Korps Brimob Polri telah menorehkan banyak prestasi membanggakan. Khususnya dalam mengatasi dan meredam berbagai konflik, termasuk menjadi bagian dalam pemberantasan terorisme yang terjadi di tanah air.

“Berbagai prestasi tersebut antara lain, pada November 2020, Korps Brimob Polri yang tergabung dalam Satgas Tinombala berhasil melumpuhkan dua anggota Mujahidin Indonesia Timur (MIT) di Poso, Sulawesi Tengah. Sebelumnya pada Agustus 2020, Korps Brimob dalam satgas Nemangkawi juga berhasil melumpuhkan pimpinan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Hengky Mawang di wilayah Kali Kopi, Mimika, Papua,” ujar Bamsoet dalam perayaan HUT ke-76 Korps Brimob, di Jakarta, Minggu (14/11/21).

Turut hadir antara lain, Kombes Abu Bakar Tertusi, Kombes Rantau Isnur Eka, Ipda Yusman Harefa, dan Ipda Wiwin Widodo.

Ketua DPR RI ke-20 ini menjelaskan, jauh sebelumnya, Korps Brimob Polri juga berhasil melaksanakan Operasi Trisula menghadapi pemberontakan PKI 1948 di Madiun dan penumpasan gerakan separatis. Seperti DI/TII pimpinan SM Kartosuwiryo di Sulawesi Selatan dan Aceh, Angkatan Ratu Adil (APRA) pimpinan Kapten Raymond Westerling di Kota Bandung (1950), Republik Maluku Selatan (RMS) yang diproklamirkan Dr. Soumokil (1950), hingga Pemerintah Revolusioner Republik Indonesia (PRRI) tahun 1958. Termasuk menjaga kedaulatan Indonesia dalam konfrontasi dengan Malaysia tahun 1953 dan aneksasi Timor Timur tahun 1975

“Di masa pandemi Covid-19, Korps Brimob Polri juga berhasil melakukan tugas pengawalan distribusi vaksin hingga ke pelosok negeri. Termasuk menyelenggarakan vaksinasi di markas Brimob di berbagai daerah,” jelas Bamsoet.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar ini menerangkan, di usianya yang ke-76 tahun, Korps Brimob Polri harus semakin solid dan profesional dalam menjalankan tugas dan fungsinya. Antara lain dalam Jibom (penjinakan Bom), Resmob (Reserse Mobil), Wanteror (Perlawanan Teror), SAR (Search and Rescue), serta PHH (Penanggulangan Huru Hara).

“Termasuk menjaga soliditas TNI-Polri, mengingat dalam berbagai penugasan di lapangan, seringkali anggota Korps Brimob Polri berada satu tim operasi dengan personel Polri. Soliditas TNI-Polri merupakan salah satu kunci agar keamanan, ketertiban, sekaligus kedaulatan NKRI bisa tetap terjaga dengan baik,” pungkas Bamsoet. ***

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed