oleh

PWI Minsel Sukses Gelar Workshop Pelatihan Profesionalisme Jurnalis Bersama Polres, Kejari dan Pemkab

MINSEL, TelusurNews,- Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Minahasa Selatan (Minsel) sukses menggelar Workshop dan Pelatihan bagi pekerja Media di Kabupaten Minahasa Selatan.

Digelar di Aula Polres Minsel, pada Jumat (11/11), Workshop Dan Pelatihan Jurnalis diikuti oleh puluhan Wartawan dari berbagai denominasi media yang ada di Minahasa Selatan.

Kegiatan tersebut mengambil tema “Profesionalisme Jurnalis Di Era Digital 4.0”.

Kegiatan yang disponsori oleh Polres Minsel tersebut dibuka langsung oleh Kapolres Minsel AKBP C. Bambang Harleyanto, S.I.K, dan dihadiri oleh pembicara (narasumber) lainnya, diantaranya Polres Minsel yang diwakilkan kepada Kasat Intel Iptu Lesly Deiby Lihawa, SH, M.Kn, Kasie Intel Kejari Minsel Aldy Svh, SH, MH bersama staff, Diskominfo Minsel oleh Kabid Alvi Ulaan dan Ketua PWI Sulut Vocke Lontaan.

Dalam materinya, masing-masing narasumber memberikan pemahaman tentang pentingnya Jurnalis beretika baik dalam menjalankan tugasnya. Tidak hanya itu, Wartawan diharapkan paham akan Undang-undang Pers dan dapat mengamalkan di setiap kesehariannya.

Selain itu, ada sesi interaktif tanya jawab yang kemudian sempat mengulas tentang kejadian yang terjadi belakangan ini. Seperti kasus penangkapan beberapa Wartawan dalam dugaan kasus pemerasan, serta dugaan perlakuan semena-mena oleh oknum Aparat Penegak Hukum (APH) terhadap Wartawan terkait pemberitaan, yang keduanya sempat viral dan menjadi perhatian publik pada beberapa waktu sebelumnya, disertai tanggapan APH terkait itu, khususnya Polres Minsel. Dan tindakan apa yang diambil oleh PWI selaku organisasi kewartawanan yang tertua dan terdaftar di Dewan Pers, menanggapi persoalan tersebut.

Tidak hanya itu, tak luput juga terjalin komunikasi non formal antara pelaku Pers Biro Minsel bersama Diskominfo Minsel di sesi interaktif tersebut, terkait hubungan kemitraan antar keduanya.

Di akhir kegiatan, para Wartawan di Kabupaten Minahasa Selatan melakukan foto bersama para narasumber. Kemudian ramah tamah.

Seusai kegiatan, Ketua PWI Minsel Maurien Winerungan kepada rekan-rekan wartawan menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berpartisipasi sehingga Workshop Pelatihan Profesionalisme Jurnalis bisa berjalan dengan baik dan lancar.

“Tentunya kami mengucapkan terima kasih kepada Polres Minsel yang sudah mensponsori serta memfasilitasi kegiatan Workshop ini sehingga bisa terlaksana dengan baik.

Terimakasih juga kami sampaikan kepada seluruh narasumber, Pemkab Minsel dalam hal ini Diskominfo, Kejari, dan Ketua PWI Sulut pemberi materi pelatihan, juga teman-teman wartawan yang ikut serta dalam kegiatan ini,” ucap Winerungan.

Di penghujungnya, Winerungan mengatakan bahwa PWI Minsel kedepannya siap memperkuat sinergitas bersama mitra kerja eksekutif, legislatif dan yudikatif.

“Kedepannya, PWI akan meningkatkan profesionalisme, memperkuat kemitraan, sinergi aktif dengan pihak pemerintah daerah, Kepolisian dan instansi terkait lainnya,” pungkasnya. (tl)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed