oleh

TELUSUR SOLUSI: Solusi Banjir di Kota Bekasi

KOTA BEKASI, Telusur News – Sebagaimana diketahui terkait banjir, di Kota Bekasi terdapat beberapa titik wilayah yang menjadi ‘langganan’ banjir tahunan.

Kejadian banjir langganan ini, menjadi semacam bencana yang seakan tak bisa dihindarkan, juga merupakan pekerjaan rumah yang serius terkait penyelesaian nya.

Persoalan banjir perlu adanya solusi, agar kedepan Kota Bekasi bebas dari banjir.

“Persoalan banjir di Kota Bekasi, adalah persoalan klasik. Bila dari aspek perspektif kebijakan, bagi saya persoalan banjir itu agak kritis dan miris. Karena, satu, tidak terintegrasinya kebijakan dan inkonsistensi nya kebijakan,” ujar Pengamat kebijakan dan Komunikasi publik, Dr Bambang Istianto, saat menjadi Pembicara dalam acara Ruang Diskusi TELUSUR SOLUSI, bertajuk ‘Solusi Banjir di Kota Bekasi’, Kamis, 11 November 2021, di Bekasi.

Menurut Bambang, persoalan banjir harus di back up full kebijakan oleh Pemerintah pusat, “Kalau persoalan pokok di Kota Bekasi, tidak konsisten tata ruang,” tandasnya.

Sementara itu sebelumnya, dalam kesempatan yang sama, Sekretaris Dinas Bina Marga dan Sumber Daya Air (DBMSDA) Kota Bekasi, Zainal Abidin Syah., ST., MM, memaparkan beberapa hal.

“Terkait banjir, beberapa hal sudah dilakukan pengerukan di titik saluran sekunder, bekerjasama dengan FKRW, seperti yang di Wisma Asri bekerja bakti terhadap beberapa titik sumbatan, juga yang harus dilakukan pembongkaran…,” ungkap Zainal.

Juga, sambung Zainal penanganan dilakukan di kali Rawalumbu. Untuk menambah kapasaitas daya tampung sungai.

“Kita juga, didukung oleh tim pematusan. Tim berjumlah 40 orang, keliling di setiap Kecamatan untuk melakukan pembersihan di drainase mengangkat sampah. Memang jumlah belum maksimal dibanding titik yang harus dilakukan pembersihan,” pungkasnya.

Di tempat yang sama, Perwakilan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Bekasi, Wiratma P SE., M.Si, mengatakan pihaknya telah melakukan berbagai langkah.

“Dalam menghadapi musim penghujan di (tahun) 2021 ini, BPBD melakukan beberapa hal. Kami berharap tidak ada banjir, tapi kami harus selalu siap siaga untuk melakukan yang terbaik,” terang Wiratma.

Pihaknya, jelas Wiratma, telah melakukan apel siap siaga menghadapi musim penghujan. (M. Lengkong)

 

*** Program acara TELUSUR SOLUSI, bertajuk ‘Solusi Banjir di Kota Bekasi’ dipandu Host Dicky Machruzar, selanjutnya dapat disimak di dalam siaran kanal YouTube Jaringan Telusur.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed