oleh

Ketua BK DPRD Kota Bekasi Bambang Purwanto: Akan Melangsungkan Award 2022

KOTA BEKASI – Dalam kepemimpinan nya yang tinggal 2 tahun kedepan, Ketua Badan Kehormatan (BK) DPRD Kota Bekasi, Bambang Purwanto menyatakan berencana akan menjalankan program ‘BK Award’ tahun 2022.

Program tersebut untuk membangun Kinerja yang Bersih, Efektif, Demokratis dan Terpercaya bagi Anggota Dewan (Angdew) berikutnya, agar tidak indisipliner.

“Memang anggarannya belum disiapkan, di tahun ini kita akan mengusulkan anggaran di APBD Perubahan tahun 2022. Semoga acara ini bisa terlaksana di akhir tahun ini” ujar Bambang kepada awak media, Kamis (19/5/22).

Nantinya BK akan bekerjasama dengan pihak eksternal atau perguruan tinggi yang ada di Kota Bekasi untuk lebih akuntable dan dapat dipertanggungjawabkan.

Kehadiran setiap anggota dewan dalam setiap kegiatan Legislatif, seperti rapat-rapat komisi dan badan serta hadir di Sidang Paripurna, menjadi salah satu kriteria utama.

Harapan kedepan agar tidak ada kasus yang terjadi (Zero Case), sehingga juga diharapkan dapat meningkatnya kapabilitas anggota BK dalam memahami mekanisme Tata Cara Beracara yang dimiliki DPRD Kota Bekasi.

Kepada wartawan, Bambang mengatakan dalam setiap 4 (empat) bulan sekali dilakukan pertemuan antara BK dengan seluruh pimpinan fraksi untuk membahas produktivitas kerja masing-masing anggota dalam merespon setiap kasus-kasus yang terjadi di dewan.

Bambang menambahkan, BK bekerja berdasarkan laporan tertulis yang masuk artinya laporan itu jelas dan bisa dipertanggungjawabkan.

Bambang menegaskan, Tugas dan Fungsi BK yang pertama adalah untuk Menjaga Moral, Martabat, Citra dan Kredibilitas Anggota DPRD. Untuk itu, lanjut Bambang, program BK di tahun 2022 ini adalah meningkatkan kapabilitas dan profesionalitas seluruh anggota BK agar dapat memahami mekanisme Tata Cara Beracara apabila terjadi aduan atau laporan dari Dewan dan Juga dari Masyarakat.

“Dengan begitu, prestasi para anggota DPRD yang sebenarnya bukan dilihat dari raihan suara di Dapil tetapi melalui pelaksanaan kinerja,” ujar Bambang.

Kedua, mempublikasikan kinerja DPRD dengan memberikan reward kepada anggota yang mempunyai kinerja baik melalui program BK Award sebagaimana yang pernah dilakukan oleh DPRD provinsi Jawa Barat.

Jika hal ini bisa dipublikasikan kepada masyarakat umum maka mereka akan mengetahui kredibilitas para wakil rakyat yang bekerja di parlemen. Dengan demikian, pihaknya berkomitmen untuk menjalin kemitraan antara pihak eksekutif dan legislatif yang lebih baik lagi ke depannya. (Adv/Setwan)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed