oleh

Asda 3 Kota Bekasi Meminta Komitmen ASN Meraih Opini WTP

*SIARAN PERS HUMAS KOTA BEKASI*

Kamis, 13 Oktober 2022

Dalam rangka Sinergitas Perangkat Daerah, Administrasi Umum dan Perekonomian (ASDA 3) menggelar Rapat Koordinasi dengan tema “Strategi Meraih Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas LKPD TA 2022 di Kebunsu Kabupaten Bogor, Kamis (13/10/2022).

Turut hadir pada rapat koordinasi beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait diantaranya; Badan Pendapatan Daerah, Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah, Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Bekasi, Dinas Arsip dan Perpustakaan Daerah, Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Inspektorat Kota Bekasi.

Di dalam Rapat Koordinasi membahas 3 (tiga) agenda yaitu : Pembahasan Strategi Meraih Opini WTP, Tindak Lanjut atas Temuan BPK dan Pembahasan Isu Strategis OPD.

ASDA 3 Setda Kota Bekasi Dwie Andyarini Dian Arga pada sambutannya menekankan kepada seluruh peserta yang terdiri dari lingkupnya untuk bekerja sama dalam penyusunan laporan keuangan Kota Bekasi tahun 2022.

Menurutnya, penilaian di Lingkup Asda 3 sangat penting dalam menentukan Opini WTP karena itu beliau mengharapkan keterbukaan dari setiap Organisasi Perangkat Daerah untuk sama-sama menindaklanjuti permasalahan yg dihadapi setiap OPD.

“Pemeriksaan oleh BPK itu sifatnya random, oleh sebab itu dimohon agar seluruh peserta terbuka apabila memiliki permasalahan. Mari kita tunjukan bahwa Kota Bekasi bisa dan mampu meraih opini WTP dan Lingkup ASDA 3 bisa menjadi contoh untuk seluruh OPD lainnya.” ungkapnya.

Selanjutnya, IRBAN 3 Inspektorat Kota Bekasi, Iis Wisynuwati juga menambahkan bahwa salah satu upaya untuk meraih Opini WTP adalah komitmen pimpinan entitas dalam menyelesaikan tindaklanjut dari hasil pemeriksaan BPK baik dari tahun 2018 hingga 2021.

Iis Wisynuwati juga menghimbau agar para Sekretaris untuk meningkatkan Pengendalian Intern agar tidak terjadi temuan berulang dan mengantisipasi temuan pada tahun berjalan.

Terkait dengan agenda pembahasan isu stategis Perangkat Daerah, pada kesempatan Rakor tersebut disampaikan hasil telaahan Inspektorat atas Masalah Pokok, Masalah dan Akar Masalah serta Isu Strategis Perangkat Daerah yang disusun oleh Perangkat Daerah.

Adapun masukan Isu Stategis dari Inspektorat Kota Bekasi adalah Pengendalian Inflasi dan Peningkatan Kematangan Fiskal Daerah.

Paparan selanjutnya dari Kepala Bidang Akuntansi Hesti Widiastuti BPKAD mengenai strategi untuk meraih WTP melalui Pengelolaan Barang Milik Daerah (BMD).

“Untuk meraih kembali Opini WTP atas LKPD Tahun Anggaran 2022, salah satunya adalah meningkatkan kualitas dalam pengelolaan Barang Milik Daerah (BMD) baik aset tetap dan persediaan pada setiap OPD di lingkungan Pemerintah Kota Bekasi dengan melakukan rekonsiliasi akun-akun laporan keuangan secara rutin.”pungkasnya.

(Dro/HMS)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed