oleh

Perayaan HGN Minsel 2022, Bupati Wongkar Apresiasi Para Guru

MINSEL, TelusurNews,- Perayaan Hari Guru Nasional (HGN) 2022 di Minahasa Selatan diperingati di Aula Waleta Kantor Bupati Minahasa Selatan (Minsel), (25/11/2022).

HGN dibuka langsung oleh Bupati Minsel Franky Donny Wongkar, SH, yang didampingi oleh Wakil Bupati Petra Yani Tembang, M.Th.

Dalam sambutannya, Bupati Wongkar mengapresiasi para guru yang ada di Minahasa Selatan. “Saya dan Pak Wabup tadi sempat bercerita dan kami sangat bangga, karena kita mempunyai guru-guru di Minsel yang luar biasa. Sebab disamping mereka memiliki tugas yang sangat mulia, mereka juga mampu mendidik anak-anak kita menjadi generasi yang sukses,”

“Saya dan Pak Wabup juga telah didik oleh para guru mulai dari TK, SD, SMP, SMA sampai Perguruan Tinggi, bahkan saya dan Pak Petra boleh menjadi Bupati dan Wakil Bupati, ini semua karna peran dari para guru,” tutur Wongkar.

Pada HGN kali ini, Bupati Franky Wongkar memberikan apresiasinya bagi para kepala sekolah, guru-guru, dan siswa inspiratif dan berprestasi di tingkat SD dan SM.

Para guru dan siswa datang mengenakan pakaian yang rapi, lengkap dengan atribut dasi, dan sepatu. Bahkan, ada juga yang memakai pakaian adat lengkap dengan hiasan-hiasannya.

Bupati mengatakan, itu semua merupakan pemberian Tuhan yang patut disyukuri. Ia menambahkan, undang-undang mengamanatkan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Untuk itulah tugas dari para pendidik atau guru.

Di selah sambutannya, Bupati Wongkar menggoda para guru serta semua yang hadir dengan nada bercanda,

“Jadi kita harus berbangga, kita punya guru. Dan saya harus katakan bahwa Tuhan itu adil. Mengapa? Coba kita bayangkan, kalo samua orang jadi guru lantas siapa yang akan jadi murid? Iya kan?,” ucap Wongkar, diikuti sorak sorai hadirin menanggapi candaannya.

“Hal ini juga berlaku jabatan dalam pemerintahan, kalau semua jadi PNS maka siapa yang akan kita urus lagi? Begitu juga dengan jabatan Bupati dan Wakil Bupati, dalam pencalonan boleh lebih dari satu, tetapi Ketika ditetapkan, tetap hanya satu Bupati dan satu Wakil Bupati. Inilah yang saya sebutkan tadi bahwa Tuhan itu adil,” lanjutnya.

Bupati Wongkar kemudian mengatakan, bahwa patut berbangga memiliki para guru, sebab berkat peran para guru, orang tua sangat terbantu.

“kadangkala sebagai orang tua, kita seringkali kesulitan untuk mendidik atau mengajar anak, cucu bahkan cece kita. Oleh karena itu, kita semua harus berbangga, lewat peran para guru-guru maka anak, cucu dan cece kita boleh mendapat pengetahuan, beraklak mulia, takut akan Tuhan dan berprestasi, baik di kabupaten, provinsi bahkan nasional,” ujar Franky Wongkar.

Dalam perayaan HGN tersebut, juga dirangkai dengan berbagai kegiatan. Seperti, dimeriahkan dengan pertunjukan tarian cakalele dan maengket, juga pidato bahasa daerah dan bahasa asing oleh siswa-siswi yang berprestasi dari beberapa SD dan SMP.

Sementara itu, pada kesempatan tersebut, Kepala Dinas Pendidikan Minsel Arthur Tumipa, menyampaikan laporan kegiatan HGN selama sepekan.

“Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2022 diawali dengan jalan sehat yang diikuti oleh sekitar 1.500 guru se-Kabupaten Minahasa Selatan, yang dilanjutkan dengan lomba-lomba termasuk lomba pidato bahasa daerah dan bahasa asing untuk menjaring siswa maupun guru dan kepala sekolah yang berprestasi dan inspiratif, ” ujar Arthur Tumipa.

Di akhir acara, Franky Wongkar dan Petra Rembang menyerahkan hadiah secara langsung kepada siswa, guru, dan kepala sekolah yang berprestasi. (tl/***)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed