oleh

SMSI dan KPU Jaktim Sepakat Sukseskan Pemilu 2024

JAKARTA – Ketua dan Jajaran Komisioner KPU Jakarta Timur menerima kunjungan Pengurus SMSI Jaktim di Kantor KPU Jakarta Timur.

Kunjungan SMSI di Kantor KPU Jakarta Timur yang berlokasi di Jalan Pulo Mas Barat, Kayu Putih, Pulo Gadung, Jakarta Timur, Kamis 15 Desember 2022 berlangsung santai dan akrab.

Pihak KPU dihadiri Ketua KPU Kota Jakarta Timur Wage Wardana didampingi Sekretaris KPU Kota Jakarta, Henny Yudhi Rachmi, dan empat anggota komisioner KPU Jakarta Timur lainnya yakni Suhanda, Tri Endraningsih, Tedi Kurnia, dan Fahrur Rohman.

Sementara dari pihak Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Jakarta Timur dihadiri oleh Wisnu Wicaksana selaku Ketua, Hatta selaku Sekretaris dan Anggiat selaku bendahara.

Terdapat sejumlah isu yang dibahas antara kedua pihak satu di antaranya maraknya penyebaran hoaks terkait kinerja KPU.

“Visi misi pertama adalah melawan hoaks yang ada di Indonesia,” ucap Ketua SMSI Jakarta Timur Wisnu Wicaksana.

Wisnu juga menyampaikan banyaknya pertanyaan dari masyarakat terkait kinerja KPU.

“Banyak sekali aduan ke kami. Kami SMSI sebagai penyeimbang dengan beredarnya berita-berita itu,” tambahnya.

SMSI, kata Wisnu hadir untuk memberikan edukasi kepada masyarakat dengan informasi dan pemberitaan yang berimbang sehingga kepercayaan masyarakat terhadap KPU tidak luntur.

“Kita ingin mengajak KPU Jakarta Timur untuk sama-sama menyukseskan jalannya pemilu mengedukasi masyarakat agar mindset masyarakat jangan bercampur aduk dengan hal-hal yang tidak sinkron dengan aslinya,” tandasnya.

Menanggapi hal itu, Ketua KPU Jaktim, Wage Wardana menyambut baik kedatangan para pengurus SMSI Jakarta Timur.

“Pertama terimakasih atas beberapa poin perkenalannya dan juga beberapa hal yang dibahas di awal,” ucapnya.

Lebih lanjut Wage menyatakan kesepakatannya dengan visi misi yang bawa SMSI yakni menempatkan berita pada porsinya bukan hanya sekadar bad news is good news.

“Bad news itu pasti enak banget dan ngalirnya cepat banget dan laku tetapi giliran berita kita yang official (resmi) tidak laku,” tambah dia.

Pihaknya, kata dia telah membuat kanal-kanal atau saluran informasi baik itu website maupun media sosial yang bisa diakses siapa saja yang membutuhkan informasi valid tentang KPU Jakarta Timur.

“Website dan media sosial kami buat dalam rangka memberikan sajian kita yang betul, jadi kalau masyarakat ingin mencari berita yang benar ya cari saja di website KPU,” harapnya.

Wage berharap ada peran media di SMSI untuk bisa menyebarkan informasi yang benar tentang KPU ke masyarakat.

“Jadi saya yakinkan saya sampaikan ke media di sini bahwa kami bekerja clear dan clean,” tegasnya.

Senada dengan itu, Ketua Divisi Teknis Penyelenggaraan Pemilu KPU Jakarta Timur, Suhanda menyadari keberadaan hoaks dan intimidasi yang terjadi ke pihak KPU.

“Kami di KPU jangankan hoaks, intimidasi juga kadang ada,” ucapnya.

Ia berharap ada langkah konkrit yang bisa disinergikan dengan SMSI untuk melawan hoaks.

(mht)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed