oleh

Kakorlantas Polri : Keberhasilan Operasi Lilin Jaya 2021 Ditentukan Peran Aktif Masyarakat

 

TELUSUR NEWS,- Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri, Irjen Pol Firman Shantyabudi menghadiri Apel gelar pasukan Operasi Lilin Jaya 2021 di lapangan presisi Ditlantas Polda Metro Jaya, Kamis (23/12).

Apel pasukan tersebut dihadiri oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebagai inspektur upacara, Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran beserta jajaran dan stakeholder lainnya.

“Saya kira amanat dari Bapak Kapolri sudah lengkap, jadi kehadiran kami Satgas Operasi untuk terpusat atau tingkat pusat, hari ini kita bergabung di Polda Metro Jaya seperti biasanya,” kata Firman usai apel gelar pasukan di Polda Metro Jaya, Kamis 23 Desember 2021.

Kakorlantas menjelaskan keberhasilan dalam Operasi Lilin Jaya 2021 itu adalah keberhasilan Polri yang ditentukan oleh peran aktif masyarakat.

“Keberhasilan operasi, keberhasilan Polri di lapangan sangat juga ditentukan oleh peran aktif masyarakat, tadi Pak Gubernur sudah tracing di situ,” ujar Firman.

“Pelaksanaan praktiknya nanti kami di lapangan adalah membantu para peserta lalu lintas yang akan melakukan perjalanan, ini pun kami tetap selalu mengimbau, rencanakan betul perjalanan anda, pastikan dengan pertimbangan-pertimbangan yang matang,” sambungnya.

Firman meminta kepada seluruh jajaran untuk tidak melakukan tindakan arogan dalam pelaksanaan tugas dan bereuforia dengan pencapaian keberhasilan yang telah diraih.

“Jangan ikuti emosi, kita sudah mencapai keberhasilan sejauh ini dan tidak diisi dengan euforia yang sekian hari, lantas kita menghadapi dampak atau akibat, justru kita semakin sulit ditahun 2022,” imbuhnya.

“Oleh karena itu saya berharap sangat besar rekan-rekan media bisa membantu melalui kekuatan tayangan-tayangan yang dibuat mengimbau masyarakat, terus mengimbau, mari kita menjadi bagian seluruh tim di Republik (Indonesia) ini,” ujar Firman.

Bagi pengendara, Kakorlantas mengimbau agar masyarakat tidak menghambat dan melanggar peraturan lalu lintas di jalan.

“Khusus yang berada di jalan (pengendara) saya mengimbau juga. Kita ingin cepat, jangan menghambat. Anggota polri di lapangan saya pastikan tidak ada yang akan melakukan penilangan, kita membantu proses kelancaran dengan catatan,” kata Firman.

“Para pemakai jalan juga bisa bekerjasama ketika pengaturan-pengaturan ini kita lakukan, saya ingin mengingatkan saja bahwa cara bertindak melalui tilang yang selama ini kita laksanakan di jalan sudah mulai kita bergeser ke penggunaan elektronik,” jelasnya.

Firman menambahkan, bagi masyarakat agar tertib berlalu lintas dan bersabar dalam berkendara jika tidak ingin surat tilang sampai ke rumah.

“Jadi walaupun kami tidak akan tilang di jalan, nanti tagihannya masuk ke rumah. Kemudian yang paling menonjol, masyarakat tidak sabar, semua menggunakan bahu jalan, ini yang justru saya katakan tadi. Ingin cepat, tapi menghambat,” terangnya.

“Karena di depan sana kan belum tahu apakah ada penyempitan jalan atau tidak, yah tadi, ketidaktahuan inilah kami berharap tertib lalu lintas, sabar ,” tutur anak mantan Wakil Presiden Tri Sutrisno itu.

Firman juga berharap kepada masyarakat untuk mengikuti aturan pemerintah agar lalu lintas tetap lancar dan ekonomi terdukung dan pandemi dapat dihindari.

“Ini target operasi kita yang harus kita sama-sama sampaikan kepada seluruh masyarakat untuk menjadi bagian dari pekerjaan besar kita,” ujar Firman.

“Mari kita sukseskan apa yang sudah dicapai oleh seluruh anggota, kerja keras seluruh stakeholder melayani masyarakat untuk Indonesia yang lebih baik di tahun depan,” pungkasnya.

 

 

 

Erzan

 

 

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed