oleh

Setara Institute Yakin Tim Investigasi Penembakan Polisi Bekerja Objektif dan Profesional

JAKARTA – Sekretaris Dewan Nasional (Sekwanas) Setara Institute Benny Soesetyo yakin tim investigasi khusus yang dipimpin oleh Wakapolri Komjen Pol Gatot Eddy akan bekerja objektif dan profesional dalam menyelidiki kasus penembakan di Rumah Kadiv Propam Irjen Pol Ferdy Sambo. Tim investigasi khusus ini dibentuk langsung oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit.

“Kita percaya tim investigasi khusus akan bekerja dengan baik, objektif, dan profesional untuk mengungkap kasus ini agar terang benderang.” ujar pria yang akrab disapa Romo Benny ini kepada rekan media, Senin (18/07/2022).

Keyakinan Romo Benny bahwa tim itu akan bekerja profesional melihat dari komposisi anggota tim yang merupakan orang-orang pilihan dan ahli dalam bidang masing-masing. Ditambah lagi, tim tersebut juga melibatkan pihak dari luar Polri, yaitu Komnas HAM dan Kompolnas.

“Kita percayakan kepada institusi yang sudah membentuk tim independen dan ini menyangkut pertaruhan nama baik dan citra polisi di mata publik,” sebutnya.

Oleh sebab itu, Romo Benny berharap masyarakat bersabar menunggu hasil kerja tim investigasi khusus dalam melakukan penyelidikan.

“Kita yakin Jenderal Listyo Sigit akan bertindak tegas untuk menegakkan supremasi hukum. Kita juga percaya political will dari tim investigasi,” jelasnya.

Benny Susetyo juga berharap kasus dapat segera diungkap, dan siapapun yang terlibat bisa diproses sesuai dengan hukum yang berlaku.

Di bagian lain, Romo Benny menyayangkan merebaknya framing dan analisis tidak berdasar dari sejumlah media online dan medsos mengenai kejadian ini.

“Sebaiknya tunggu saja hasil investigasi dengan metode ilmiah dan berdasar penyelidikan yang bisa dibuktikan sientifik. Saatnya publik mempercayakan investigasi untuk bekerja secara profesional karena isu ini menarik perhatian publik,” jelas Benny.

Sedangkan mengenai peranan lembaga independen seperti Komnas Perempuan, Komnas HAM, dan LPSK, Romo Benny menilai kehadiran lembaga eksternal independen seperti tiga lembaga itu sangat dibutuhkan oleh tim investigasi khusus.

“Mereka sangat diharapkan proaktif untuk membantu kasus ini agar segera terungkap,” pungkasnya.

***

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed