oleh

Kapolda Sulut Nana Sudjana Tinjau Gerai Vaksinasi Di Kota Amurang

Minahasa Selatan,- Kapolda Sulawesi Utara (Sulut), Irjen. Pol. Drs. Nana Sudjana, AS, M.M., bersama rombongan meninjau beberapa Gerai Presisi Vaksinasi termasuk Gerai Vaksinasi yang ada di Aula Teguh Bersinar, pusat Kota Amurang Minahasa Selatan, Jumat (09/07/2021) sore.

Kapolda Sulut disambut oleh Kapolres Minahasa Selatan AKBP S. Norman Sitindaon, SIK, Bupati Minahasa Selatan Franky Donny Wongkar, SH, dan Forkopimda Minsel.

Dalam kunjungannya Kapolda kembali mengingatkan tentang peningkatan penyebaran covid-19 yang cukup signifikan. Untuk itu Kepolisian bersama TNI terus membantu Pemerintah Daerah (Pemda) untuk melakukan upaya pencegahan dengan vaksinasi.

“Memang sampai saat ini sama-sama kita ketahui bahwa peningkatan penyebaran covid-19 cukup signifikan, tersebar di Pulau Jawa,” ungkapnya.

Kapolda juga mengatakan untuk daerah Sulawesi Utara dalam 3 (tiga) hari ada sekitar 100 (seratus) kasus, “Khusus untuk di Sulawesi Utara peningkatannya signifikan, kasus harian dalam tiga hari ini di atas seratus,” bebernya.

Ini tentunya harus diantisipasi lanjut Kapolda. Kapolda menyampaikan bahwa  Gubernur bersama Forkopimda sudah membuat surat edaran kepada masyarakat tentang antisipasi peningkatan penyebaran covid-19 di Sulawesi Utara, untuk itu upaya pencegahan dari masyarakat yang diharapkan.

“Dengan mengantisipasinya dan bagaimana upaya-upaya dari masyarakat untuk mengantisipasi,” lanjutnya.

Kapolda Nana Sujana mengatakan, Kepolisian dan TNI terus melakukan koordinasi dengan Pemerintah Daerah (Pemda) terkait vaksinasi.

“Kami Kepolisian dengan TNI melakukan koordinasi dengan Dinas Kesehatan dalam rangka membantu Pemda,” katanya.

Secara nasional menurut Kapolda, Presiden Joko Widodo telah menyampaikan untuk vaksinasi dilaksanakan 1 (satu) juta perhari, dan setelah dirinci kemudian dilaksanakan di beberapa Provinsi.

Khusus untuk Sulawesi Utara menurutnya setiap harinya mencapai 10.000 masyarakat yang harus divaksin. Dan pelaksanaan vaksinasi sendiri dibagi 3 (tiga), yang pertama Pemda sekitar 60 persen, kemudian Polri 20 persen dan TNI 20 persen.

Untuk Kepolisian Daerah Sulawesi Utara (Polda Sulut) sendiri telah mendirikan 19 gerai vaksin presisi, “Kita sudah menyiapkan sembilan belas gerai vaksin presisi yang tersebar yang dilaksanakan oleh Polda kemudian Polres sampai setingkat Polsek,” jelas Kapolda.

“Untuk pelaksanaan vaksin menyesuaikan dengan vaksin dari pusat,”

Selanjutnya vaksinasi kepada anak di Sulawesi Utara menurut Kapolda sudah dilakukan, “Untuk vaksinasi anak yang berumur 12 sampai 17 tahun ini setiap hari kamipun sudah melaksanakan itu, vaksinasi anak sudah dilaksanakan beberapa waktu yang lalu dan ini akan berlanjut sampai masyarakat yang ada di Sulawesi Utara divaksin semuanya,” ungkapnya.

Sampai saat ini vaksinasi sudah mencapai 77% untuk di Sulawesi Utara. Setiap vaksin dari pusat langsung dikawal Kepolisian untuk didistribusikan ke Kabupaten/Kota, dan disesuaikan dengan jumlah masyarakat yang ada di masing-masing Kabupaten/Kota.

Dalam kesempatan tersebut, Kapolda Irjen. Pol. Drs. Nana Sudjana, AS, M.M., mengapresiasi masyarakat Sulawesi Utara khususnya masyarakat Minahasa Selatan yang sangat proaktiv merespon pelaksanaan vaksinasi.

“Kami mengapresiasi masyarakat Sulawesi Utara, masyarakat tidak perlu kita kejar-kejar, di sini masyarakat dihimbau kemudian mau untuk divaksin,” tutupnya.

Sebelum mengakhiri kunjungannya, tampak Kapolda berineraksi dengan warga Minahasa Selatan yang divaksin kemudian melanjutkan perjalanan tugasnya. (Toar Lengkong)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed