oleh

Ketua ICMI Kota Bekasi Bicara Tentang Toleransi Umat Beragama

“Saya salut dan appreciate terhadap kerukunan hidup umat beragama di Kota Bekasi dibawah kepemimpinan Walikota Dr. H. Rahmat Effendi dan Wakil Walikota Dr. H. Tri Adhianto yang menurut saya berhasil menjadikan Kota Bekasi sebagai role mode miniatur kerukunan hidup antar umat beragama di Indonesia,”-Dr. H. Marhaban Sigalingging, Ketua ICMI Kota Bekasi-

 

KOTA BEKASI, Telusur News – Pujian tersebut disampaikan Dr. H. Marhaban Sigalingging saat ditemui tim media Telusur dikantornya yang terletak di Revo Town Square, Selasa(14.12-2021) siang.

Ketua Ikatan Cendikiawan Muslim Indonesia(ICMI) Kota Bekasi tersebut beranggapan bahwa Kota Bekasi terbaik dalam penerapan toleransi antar umat beragama ditengah-tengah heterogen nya masyarakat yang terdiri dari berbagai ras, suku, bahasa dan agama.

Apalagi letak geographisnya yang bersebelahan dengan Ibukota sebagai pusat pemerintahan negara dimana isu sektarian masih menjadi hal yang sangat sensitif dan sering menimbulkan gejolak, peristiwa Ahok sebagai salah satu contoh yang bisa menjadi sebuah renungan.

Dr. H. Marhaban Sigalingging yang berasal dari suku Batak yang mayoritas berkeyakinan Kristen/Kristen Katolik mengatakan bahwa secara kesukuan dan budaya adat yang mengakar dalam dirinya adalah sebuah kebanggaan yang bisa menjadi satu perekat keberagaman tersebut.

Dirinya selalu didaulat untuk memimpin doa secara muslim dalam beberapa acara adat dan hal ini menurutnya adalah suatu penerimaan dan penghargaan terhadap perbedaan yang disikapi sebagai anugrah Tuhan yang wajib dijaga kelestarian nya.

“ICMI harus hadir sesuai kapasitasnya sebagai cendikia muslim dengan kajian-kajian ilmiah dan membuka ruang sebesar-besarnya untuk berdiskusi dan menyumbangkan pokok pikiran untuk kemajuan dan kesejahteraan umat sesuai dengan tupoksinya,” pungkas Dr. H. Marhaban. (DMach)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed